Sabtu, 02 Mei 2015

Pelaporan Keuangan

Pelaporan Keuangan

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :
-           Neraca
-           Laporan laba rugi komprehensif
-           Laporan perubahan ekuitas
-           Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
-           Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan

Pelaporan keuangan adalah laporan keuangan yang ditambah dengan informasi-informasi lain yang berhubungan baik langsung maupun tidak langsung dengan informasi yang disediakan oleh sistem akuntansi keuangan, seperti informasi tentang sumber daya perusahaan,earningscurrent cost, informasi tentang prospek perusahaan yang merupakan bagian integral dengan tujuan untuk memenuhi tingkat pengungkapan yang cukup.
Menurut SFAC Nomor 1 tentang Objective of Financial Reporting by Business Enterprises, tujuan pelaporan keuangan adalah :
1.    Menyediakan informasi yang berguna bagi investor, kreditor dan pengguna potensial lainnya dalam membantu proses pengambilan keputusan yang rasional atas investasi, kredit dan keputusan lain yang sejenis.
2.   Menyediakan informasi yang membantu dalam menilai jumlah, waktu dan ketidakpastian prospek penerimaan kas dari dividen atau bunga dan pendapatan dari penjualan, penebusan atau jatuh tempo sekuritas atau pinjaman. Menaksir aliran kas masuk (future cash flow)pada perusahaan.
3.      Informasi yang berguna untuk menilai prospek arus kas.
4.      Informasi tentang alokasi sumber daya ekonomi, klaim dan perubahannya.
Dalam paragraf berikutnya SFAC mengemukakan bahwa pelaporan harus menyajikan tentang kinerja dan earnings dari satu kesatuan usaha tersebut, yaitu :
1.    Pelaporan harus menyediakan informasi tentang kinerja keuangan perusahaan (financial performance) selama satu periode tertentu.
2.  Pelaporan kinerja keuangan tersebut berguna untuk mengukur earning power dengan seluruh komponennya, karena para pengguna sangat berkepentingan atas prospek penerimaan kas bersih dari perusahaan.
3. Pelaporan keuangan harus menyajikan informasi, bagaimana manajemen perusahaan mempertanggungjawabkan kepada parastakeholdersnya atas pengelolaan sumber daya ekonomi yang telah dipercayakan kepada manajemen.

Sumber :

Soal Dan Jawaban
1.   Catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut merupakan pengertian dari... 
a.       Laporan keuangan
b.      Laporan perubahan modal
c.       Laporan laba rugi
d.      Neraca

2.      Laporan keuangan biasanya meliputi? 
a.       Neraca
b.      Laporan laba rugi komprehensif
c.       Laporan perubahan ekuitas
d.      Semua Jawaban Benar
3.    Menyediakan informasi yang berguna bagi investor, kreditor dan pengguna potensial lainnya dalam membantu proses pengambilan keputusan yang rasional atas investasi, kredit dan keputusan lain yang sejenis adalah tujuan dari pelaporan keuangan menurut? 
a.       IAI
b.      SFAC
c.       BAPEPAM
d.      Semua Jawaban Salah

4.    ... menggambarkan posisi keuangan dari satu kesatuan usaha yang merupakan keseimbangan antara aktiva, utang dan modal pada suatu tanggal tertentu. 
a.       Laporan laba rugi
b.      Laporan perubahan ekuitas
c.       Neraca
d.      Laporan keuangan

5.      Tujuan pelaporan keuangan adalah... 
a.       Menyediakan informasi yang berguna bagi investor, kreditor dan pengguna potensial lainnya dalam membantu proses pengambilan keputusan yang rasional atas investasi, kredit dan keputusan lain yang sejenis.
b.      Informasi yang berguna untuk menilai prospek arus kas.
c.       Informasi tentang alokasi sumber daya ekonomi, klaim dan perubahannya.

d.      Semua Jawaban Benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar