Rabu, 30 November 2011

Artikel tentang perkembangan bisnis online


Perkembangaan Bisnis Online
Perkembangan zaman yang semakin maju, dan canggihnya teknologi saat ini membuat masyarakat berlomba-lomba mencari peluang bisnis yang baik. Teknologi internet serta gadget yang semakin canggih membuat bisnis online di pilih sebagai alternatif penambah devisa diri sendiri. Pada awalnya orang hanya melihat bisnis online ini sebagai bisnis coba-coba . Namun jika kita memikirkannya dengan serius sebenarnya bisnis online ini bisa menjadi sumber tambahan pada setiap bulannya.
            Kebanyakan dari anda untuk sekarang ini kebanyakan telah mencoba usaha bisnis online, alasan mereka adalah :
1.      Murah
Biaya untuk membuka took online itu relatif lebih murah, cukup dengan kita punya akses internet seseorang sebetulnya sudah bisa membuka toko online.
2.      Mudah
Mudah di sini maksudnya , mudah di pelajari dan mudah di praktekan. Cukup beljar sebentar saja bagaimana mendirikan toko online anda dapat dengan mudah memahaminya.
3.      Pengguna internet semakin banyak
Dengan semakin banyaknya pengguna internet maka semakin mudah dan semakin murah biaya yang dikeluarkan dan tentunya semakin besar pula jumlah prospek yang di pasar.

Meski demikian masih banyak juga yang ragu-ragu untuk membuka took online , alasannya:
1.      Tidak berminat cara online
2.      Tidak memiliki barang yang di perdagangkan secara online
3.      Merasa tidak menguasai bisnis online

Dengan semakin meluasnya penetrasi internet di Indonesia, semakin besar pula peluang pengembangan kewirausahaan, khususnya secara online.  Sebenarnya ila di jabarkan ada beberapa alasan mengapa bisnis online itu di anggap sebagai alternatif usaha yang menguntungkan.



Pertama tidak perlu biaya besar untuk membangun toko ataupun sewa lapak tahunan. 
Kedua modal kerja utama hanyalah sambungan internet, komputer, serta barang dan jasa yang ditawarkan.
Ketiga  pemilik bisnis bebas berimprovisasi untuk menemukan produk yang paling pas dan cara terbaik untuk memasarkan bisnisnya.
Jika anda berfikir memulai bisnis online itu pertama harus mempunyai wibesite dulu, silahkan anda tinggalkan pemikiran itu. Bila Anda pikir mendirikan bisnis online itu sulit, tidak halnya bila Anda memilih Multiply sebagai rumah Anda.  Cara daftarnya mudah dan gratis, ada langkah demi langkah cara pendirian toko, ada tim merchant relations yang siap sedia membantu Anda menata toko Anda.  Multiply Commerce adalah rekan yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Banyak juga keuntungan yang akan di dapat oleh masyarakat jika menggunakan bisnis online ini. Diantaranya :
1.      Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar
Dalam menjalankan bisnis online ini modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang di dapatkan di sini.  Fasilitas komputer adalah modal utama yang harus di penuhi untuk memulai bisnis online ini.
2.      Menjangkau pasar yang lebih luas di bandingkan dengan toko offline
Dengan jaringan internet dapat membantu pemasaran bisnis online yang anda jalankan yang negeri.
3.      Biaya operasional yang cenderung lebih murah
Bisnis online dapat di kerjakan di rumah , tidak membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi.
4.      Memberikan keuntungan baik materi ataupun non materi
Keuntungan materi yang di peroleh dari bisnis online ini lumayan besar karena biaya operasional yang di keluarkan relative lebih rendah. Bukan hanya keuntungan materi saja , non materi dengan bertambahnya jaringan , juga sangat membantu bisnis online yang sedang di jalankan.
5.      Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas
Kerja bisnis online bahkan non stop 24 jam , karena bisnis online ini bekerja dengan system. Sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha tugasnya hanya follow up atas permintaan yang di terima oleh system.
6.      Mudah pelayanan yang di berikan kepada konsumen
Dengan fasilitas yang mendukung, kita dapat membayarkan barang yang telah kita beli tadi dengan mentransfer nomer rekening yang ada.

Namun , bukan hanya keuntungan yang kita dapat dari bisnis online ini. Ada beberapa kekurangannya juga , seperti :
1.      Pelanggan tidak bisa melihat langsung dan mencoba barang yang telah di beli . Maka dari itu jangan heran jika ada pelanggan yang meminta menukar barang tersebut dengan alasan tertentu.
2.      Bersiap-siaplah di marahin pembeli karena barang yang di minta itu belum sampai ke tangannya.
3.      Kalau Kurang promosi , anda akan sepi pengunjung
  1. Terlalu banyak pilihan bisa membuat kita bingung mau milih ikutan yang mana
  2. Sulitnya membangun kepercayaan dengan customer
Langkah Awal Memulai Bisnis Online
Internet memang sumber informasi yang paling lengkap. Peluang usaha di dalamnya juga sangat banyak, salah satu nya yaitu dengan memulai bisnis online. Saran saya jika anda memang serius mendalami bisnis online ini maka anda harus konsisten walaupun dua jam dalam sehari itu sudah cukup untuk mengetahui perkembangan.
Langkah-langkah awal yang harus anda lakukan jika anda ingin  mendalami bisnis online:
1.      Tentukan Pasar
Langkah awal yang harus anda lakukan adalah menentukan pasar, dalam hal ini di sesuaikan dengan hobby anda. Misalnya anda mengoleksi pernak pernik, maka tentuka pilihan anda untuk mengambil topic soal dunia pernak pernik.

2.       Riset pasar
Langkah berikutnya adalah riset pasar. Jadi topic yang telah kita pilih tadi coba kita riset. Banyak tidaknya pencarinya. Pesainganya terlalu banyak atau tidak. Pilih yang pencarinya banyak tetapi pesaingnya sedikit.
3.        Buatlah Blog
Menentukan topic dan sudah merisetnya selanjutnya kita membuat blog. Tujuannya adalah untuk mendatangkan pengunjun. Jika blog anda ternyata banyak pengunjungnya, karena banyak yang suka dengan topic anda, maka anda bisa menjual apa saja di blog anda.

4.       Kumoulan Konten
Kumpulan konten-konten bisa berupa gambar, video, artikel dll. Jika anda memposting konten anda secara rutin dan setiap hari dan kontennya unik, arrinya murni buatan sendiri tidak mengcopy paste konten artikel milik orang lain.
5.        Beli Domain dan Hosting
Jika anda ingin blog anda tampak lebih professional maka anda harus membeli domain ( alamat blog) dan Hosting ( tempat menampung konten).
6.       Promosikan
Agar blog anda di kenal dan di kunjungin orang maka anda harus mempromosikan blog anda tersebut. Baik melalui iklan baris seperti facebook ataupun twitter dll.
Itu lah langkah-langkah untuk anda yang ingin memulai bisnis online.

Kesimpulan dari artikel yang telah saya buat, bahwa dengan mencoba menjalanin bisnis online kita dapat menghasilkan investasi yang lumayan karena dengan mencoba dunia bisnis online ini biaya yang di keluarkan relatif lebih rendah serta cara untuk mempelajarinnya mudah.

Faktor Pendukung perkembangan bisnis online tahun 2011

Pertama, jumlah pengguna internet yg terus meningkat selama beberapa tahun ini. Hal ini bisa dilihat dari terciptanya pasar potensial di facebook, seiring dgn meningkatnya jumlah pengguna situs jejaring tersebut.

Kedua, daya beli konsumen melalui internet juga mengalami peningkatan. Ini merupakan awal yg sangat baik, karena kepercayaan masyarakat terhadap transaksi online menjadi modal utama seseorang agar sukses menjalankan bisnis online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar